seojiwo October 15, 2023 0 Comments

300 Warga Palestina Terbunuh Dalam 24 Jam Terakhir

300 Warga Palestina Terbunuh Dalam 24 Jam Terakhir

Ketika kemungkinan serangan darat terhadap Gaza semakin dekat, editor pertahanan dan keamanan Dan Sabbagh telah melihat risiko, ketidakpastian aibse.org dan potensi konsekuensi kemanusiaan dari operasi semacam itu.

“Hamas telah lama siap menghadapi serangan Israel, menggali jaringan terowongan canggih di Gaza yang dimaksudkan agar pasukannya dapat bertahan dari pemboman udara,” tulisnya. “Beberapa terowongan yang sebelumnya ditemukan Israel karena berada di bawah pagar perbatasan memiliki kedalaman 70 meter.

“Daerah perkotaan yang padat – Jalur Gaza adalah salah satu daerah terpadat di dunia – juga akan menguntungkan para pembela HAM ketika mereka mencoba melawan. Setiap bangunan yang tersisa harus diperebutkan, dan penambangan besar-besaran dapat semakin menghambat Israel jika Hamas meniru teknik yang digunakan oleh Rusia untuk menumpulkan serangan balasan Ukraina.”

Sabbagh menambahkan: “Realitas yang hampir pasti adalah bahwa invasi darat akan berdarah, dan kemungkinan dukungan politik internasional terhadap Israel, yang tinggi setelah serangan brutal Hamas seminggu yang lalu yang menewaskan 1.300 warga sipil Israel, akan menurun karena semakin banyak warga sipil Palestina yang terbunuh. atau tetap terjebak tanpa tempat berlindung, makanan atau listrik.”

Pemandangan yang kita lihat di Israel dan Gaza menandai babak baru dalam konflik Timur Tengah. Konsekuensi dan skala kerugian sudah sangat parah, dan serangan yang terjadi pada akhir pekan lalu – dan perang yang terjadi setelahnya – kemungkinan besar akan mempengaruhi politik global di tahun-tahun mendatang.

300 Warga Palestina Terbunuh

Dengan adanya koresponden di lapangan dan reporter yang memperbarui liveblog ini 24/7, The Guardian berada di posisi yang tepat untuk memberikan laporan yang komprehensif dan berdasarkan fakta, untuk membantu kita semua memahami momen berbahaya ini di kawasan ini. Didanai oleh pembaca dan bebas dari pengaruh komersial, kami dapat melaporkan tanpa rasa takut mengenai peristiwa-peristiwa dunia yang berkembang.

Kami percaya setiap orang berhak mendapatkan akses yang sama terhadap berita akurat. Membantu memberdayakan jurnalisme Guardian dan memungkinkan kami menjaga pelaporan berkualitas kami terbuka untuk semua orang. Jika Anda bisa, dukung kami setiap bulan mulai dari $2 saja. Diperlukan waktu kurang dari satu menit untuk menyiapkannya.

Utusan Tiongkok Zhai Jun akan mengunjungi Timur Tengah minggu depan untuk mendorong gencatan senjata dalam konflik Israel-Hamas dan mendorong perundingan damai, demikian yang dilaporkan stasiun televisi pemerintah Tiongkok, CCTV.

Zhai “akan mengunjungi Timur Tengah minggu depan untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak demi gencatan senjata, untuk melindungi warga sipil, meredakan situasi dan mendorong perundingan damai”, Agence France-Presse mengutip CCTV pada hari Minggu dalam sebuah video yang diposting ke media sosial resminya. akun pada hari Minggu.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan pada Minggu pagi bahwa 300 orang, sebagian besar anak-anak dan perempuan, tewas dan 800 lainnya terluka di Gaza selama 24 jam terakhir.

Reuters mengutip pihak berwenang Gaza yang mengatakan lebih dari 2.200 orang telah terbunuh – seperempat dari mereka adalah anak-anak – dan total hampir 10.000 orang terluka ketika Israel membalas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh militan Hamas akhir pekan lalu.

Petugas penyelamat Palestina mati-matian mencari korban yang selamat dari serangan udara malam hari.

Satu juta orang dilaporkan telah meninggalkan rumah mereka setelah militer Israel mengatakan kepada penduduk di bagian utara Jalur Gaza – yang mencakup pemukiman terbesarnya, Kota Gaza – untuk segera pindah ke selatan.

Pasukan Israel melanjutkan persiapan pada hari Minggu untuk serangan darat yang diperkirakan akan mereka lakukan di daerah kantong yang dikuasai Hamas.

Leave a Comment