seojiwo Oktober 12, 2024 0 Kommentare

Definisi Fotografi dan Fotografer

Definisi Fotografi dan Fotografer

Pengertian Fotografer dan Fotografi—Banyak orang percaya bahwa fotografer dan fotografi adalah orang yang sama; namun, fotografi adalah https://betsyrosephotography.com/ sebuah pekerjaan, dan fotografer adalah orang yang melakukannya. Mungkin ada beberapa orang  yang salah mengucapkannya karena keduanya sangat berkaitan. Meskipun sebenarnya cukup mudah untuk membedakan fotografer dan fotografi, banyak orang yang bingung tentang arti keduanya.

Definisi Fotografi dan Fotografer

Orang awam banyak yang ingin tahu apa yang membedakan fotografer dan fotografi. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah apakah setiap orang yang memiliki kamera disebut sebagai fotografer? Apakah mengambil foto dengan smartphone adalah aktivitas fotografi juga? Hal ini pasti cukup membingungkan, terutama bagi teman-teman yang suka fotografi baru. Dalam kesempatan ini, DIYKamera akan membahas definisi fotografer dan fotografi dalam beberapa poin berikut.

Definisi Fotografi

Kamus besar bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak definisi fotografi yang berbeda. Menurut KBBI, fotografi berarti membuat gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan.

Menurut Wikipedia, fotografi berasal dari kata bahasa Inggris “photography”, yang berasal dari kata Yunani “grapho”, yang berarti melukis atau menulis, dan “photos”, yang berarti cahaya. Karena itu, fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media yang peka cahaya. Secara umum, fotografi didefinisikan sebagai proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenainya pada media yang peka cahaya.

Sementara itu, fotografer Elliott Erwitt juga membahas definisi fotografi. di mana dia menyatakan bahwa fotografi adalah seni yang didasarkan pada observasi. Menemukan sesuatu yang menyenangkan di tempat biasa adalah kuncinya.

Hal itu tidak akan ada hubungannya dengan apa yang Anda lihat, dan semua harus dilakukan dengan cara Anda melihatnya, menurut Elliot Erwitt. Hal ini sangat berbeda dari apa yang dipikirkan Ansel Adams tentang fotografi, yang mengatakan bahwa fotografi sebagai media yang kuat untuk komunikasi dan persepsi memungkinkan berbagai persepsi, interpretasi, dan implementasi. Selain kedua fotografer di atas, Yudhi Soerjoatmodjo, salah satu fotografer terkenal di Indonesia, berbagi pendapatnya tentang definisi fotografi, yang dia anggap sebagai alat komunikasi dan media dialog. Fotografi berfungsi sebagai seni, dokumentatif, dan informatif.

Berdasarkan pengertian yang diberikan oleh berbagai pihak di atas, fotografi dapat didefinisikan sebagai aktivitas mengambil gambar dengan kamera untuk menghasilkan karya seni yang dapat dinikmati baik secara pribadi maupun publik. Oleh karena itu, fotografi memiliki banyak teknik yang dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai karya yang dapat menarik perhatian sebagian orang. Di antaranya adalah fotografi humanis, landscape, portrait, dan street photography. Anda cukup memahami definisi fotografi, bukan? Selanjutnya, DIYKamera membahas definisi fotografer.

Hinterlasse einen Kommentar