seojiwo October 26, 2024 0 Comments

Temukan 4 manfaat kesehatan mental dari berbelanja

Temukan 4 manfaat kesehatan mental dari berbelanja

Jaga kesehatan mental melalui belanja

Banyak orang menganggap terapi belanja sebagai sesuatu yang materialistis atau hedonistik. Di sisi lain, ternyata banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berbelanja bisa menjadi aktivitas yang positif dan menyehatkan. Berbelanja dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan efek menguntungkan bagi kesehatan mental Anda setelah pembelian. Apa manfaat mental dari berbelanja? Berikut beberapa poinnya:

1. Belanja menimbulkan rasa bahagia

Manfaat berbelanja bagi kesehatan mental yang pertama adalah aktivitas ini dapat mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan perasaan bahagia. Saat Anda berbelanja, otak dapat melepaskan zat kimia dopamin yang membuat Anda bahagia dan tentunya sangat baik untuk kesehatan mental Anda. Oleh karena itu, banyak wanita yang suka berbelanja saat sedang merasa sedih.

2. Itu membangun kepercayaan diri

Ternyata membelanjakan uang untuk sesuatu yang sangat Anda sukai bisa meningkatkan rasa percaya diri. Penelitian dilakukan untuk mempelajari perasaan orang yang membeli lampu estetika dibandingkan dengan lampu fungsional. Ternyata siapa pun yang membeli lampu yang lebih bagus merasakan peningkatan rasa percaya diri dan tentu saja sangat baik untuk kesehatan mental.

3. Meredakan kecemasan akan masa depan

Manfaat berbelanja bagi kesehatan mental lainnya adalah aktivitas ini dapat meredakan rasa cemas. Ketika seseorang membeli, mereka secara alami memvisualisasikan kapan mereka akan menggunakan produk tersebut dan rencana masa depan mereka. Berbelanja untuk mempersiapkan perubahan hidup tentu membantu seseorang merasa lebih terkendali.

Pernahkah Anda mendengar istilah pembelian impulsif atau mindless shopping? Untuk mempelajari lebih lanjut, baca artikel ini: “Pembelian Impulsif: Pengertian, Penyebab, dan Cara Ampuh Mengatasinya”.

4. Istirahatkan otak Anda

Tahukah Anda bahwa berbelanja dapat mengistirahatkan otak Anda? Dikutip dari Psychology Today disebutkan bahwa aktivitas santai ini dilakukan relatif tanpa berpikir panjang. Dengan cara ini otak bisa beristirahat dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Bahkan ketika Anda sedang sibuk, menjelajahi sedikit belanja online dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus dan mengambil keputusan yang baik.

Tentu saja, Anda perlu memastikan bahwa pembelian tersebut tidak menjadi kecanduan, karena hal ini dapat menimbulkan https://purigroup.org/ masalah besar, termasuk masalah finansial. Belanja bisa berubah dari terapi menjadi perilaku kompulsif yang menjadi jalan pintas untuk mengatasi kecemasan, stres, dan kehilangan. Tentu saja sulit untuk dikendalikan.

Kecanduan belanja memiliki banyak istilah, seperti oniomania, gangguan belanja kompulsif, dan belanja patologis. Kondisi ini memiliki banyak kesamaan dengan gangguan pengendalian impuls lainnya, seperti kecanduan seks atau perjudian, serta kecanduan obat-obatan. Oleh karena itu, penting juga untuk menetapkan batasan agar tidak menjadi kecanduan. Demikianlah pembahasan mengenai belanja yang baik untuk kesehatan mental. Kesimpulannya, berbelanja bisa membangkitkan perasaan gembira, termasuk pembelian barang yang selama ini Anda impikan. Namun, jangan biarkan aktivitas ini berubah menjadi kecanduan tersendiri, berbahaya bagi diri sendiri dan mungkin meresahkan orang lain.

Leave a Comment