seojiwo September 18, 2024 0 Comments

Pola hidup sehat dengan makanan sehat

Pola hidup sehat dengan makanan sehat

Pola makan seimbang dan kebiasaan istirahat harus selalu dijaga. Pola makan yang sehat adalah makanan yang harus mengandung berbagai macam nutrisi click here yang diperlukan tubuh. Tubuh membutuhkan berbagai jenis nutrisi untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang secara optimal. Syarat pola makan sehat (4 sehat 5 sempurna), yaitu bersih, pola makan yang baik dan seimbang. Pola makan sehat seimbang adalah pola makan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Kita bisa mengonsumsi banyak jenis makanan sehat tanpa terbatas pada satu jenis saja. Mengonsumsi berbagai jenis makanan dapat memberikan nutrisi yang berbeda pula untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sayuran

Di antara jenis makanan tersebut, sayuran hijau merupakan makanan tersehat yang menempati peringkat pertama karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh antara lain:

Brokoli
Sayuran ini kaya akan serat, kalsium, potasium, folat, dan fitonutrien. Zat ini merupakan senyawa yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Brokoli juga mengandung vitamin C, antioksidan dan beta-karoten. Satu porsi brokoli, atau 100 gram, dapat menyediakan lebih dari 150 persen asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

kuda
Daun kangkung mengandung berbagai jenis nutrisi. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi pada kangkung, dan menurut United States Department of Medicine (USDA), kangkung juga mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi, yaitu 817 mikrogram, atau 778% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Sayuran berdaun hijau

Penelitian menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam atau kubis, dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 secara signifikan, misalnya sangat kaya antioksidan, terutama jika dimasak sebentar. Bayam juga merupakan sumber vitamin A, B6, C, E dan K yang baik.

Buah-buahan juga sangat penting untuk dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Berikut buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi:

Apel karena mengandung serat, vitamin C dan antioksidan lainnya.
Jeruk, kaya akan vitamin C.
Alpukat, kaya akan lemak sehat, potasium dan vitamin C. Pisang, sebagai sumber potasium.
Buah beri, seperti blueberry dan stroberi. Ini kaya akan antioksidan dan serat dan rendah kalori.

Pola makan yang sehat hendaknya dikonsumsi secara seimbang dan bervariasi. Berikut beberapa kelompok makanan sehat selain sayur-sayuran yang sebaiknya kita konsumsi:

Daging dan telur. Selain kaya nutrisi, daging tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang tinggi dibandingkan daging lainnya. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling bergizi.

Pasalnya, telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap yaitu protein dengan asam amino esensial dan non esensial, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.
Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan yang sehat, renyah dan kaya akan berbagai nutrisi dan mineral penting bagi tubuh, termasuk magnesium dan vitamin E. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik, terutama bagi vegetarian.

Leave a Comment