seojiwo May 11, 2024 0 Comments

Pembelajaran Pembikinan Ecobrick oleh Mahasiswa UNDIP untuk Turunkan Sampah Plastik

Pembelajaran Pembikinan Ecobrick oleh Mahasiswa UNDIP untuk Turunkan Sampah Plastik

Semarang, 12/08/2022 – Sampah jadi persoalan yang tidak juga selesai setiap tahunnya khususnya di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk kota Semarang. Berdasar Bappeda Kota Semarang (2020), 1071 ton sampah dikirimkan ke TPA Jatibarang setiap harinya. Bila hal itu dibiarkan terus, akan menyebakan berbagai persoalan lingkungan yang lain. Perlu dilaksanakan pengendalian sampah yang lebih bagus untuk menghindar dari hal itu terjadi.

Salah satunya langkah mengurus sampah dengan membuat ecobrick. Ecobrick ialah langkah memproses sampah dengan masukkan https://www.infoakuntan.com/ sampah plastik ke botol sisa air mineral. Ecobrick bisa kurangi sampah anorganik, seperti buntel plastik yang susah tergerai di lingkungan. Ecobrick ini memiliki banyak faedah, seperti bisa dijadikan material dasar saat membuat bangunan atau bisa untuk membikin mebel seperti meja dan kursi.

Pembikinan ecobrick juga gampang dan bisa dilaksanakan oleh berbagai kelompok. Karena itu, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022 lakukan pembelajaran langkah membuat ecobrick buat tingkatkan wacana warga berkenaan faedah dari ecobrick. Pembelajaran dilaksanakan di SDN Pedurungan Lor 02 di tanggal 08 Agustus 2022. Pembelajaran ini dilaksanakan menerangkan ke beberapa pelajar berkenaan ecobrick dan faedahnya. Selanjutnya dilaksanakan demo pembikinan ecobrick dan beberapa pelajar juga diberi peluang untuk membikin ecobricknya masing-masing. Disamping itu, dilaksanakan pemberian poster pada pihak sekolah.

Diharap dengan dilakukan pembelajaran ini bisa tingkatkan pengetahuan beberapa pelajar bagaimanakah cara memproses sampah khususnya sampah anorganik dengan ecobrick. Hingga, beberapa sampah yang dibuat tidak segera dibuang ke arah TPA, tapi bisa jadi suatu hal lebih berguna.

Jalinan di antara Sikap Adil dan Moderat dalam Agama Islam

Berlaku adil dalam agama Islam ialah hal yang perlu dilaksanakan oleh setiap muslim. Menariknya, sikap adil ini rupanya erat berkaitan dengan moderat. Lalu, sebetulnya apa jalinan di antara sikap adil dan moderat dalam agama Islam?

Pertanyaan ini sering disodorkan oleh kaum muslim yang perdalam ilmu agama mereka . Maka, tidaklah aneh bila info tentang jalinan yang terikat di antara sikap adil dengan moderat banyak dicari oleh kaum muslim.

Jalinan di antara Sikap Adil dan Moderat

Maka bagaimana jalinan di antara sikap adil dan moderat? Mencuplik dari buku Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Memiliki muatan Berbagai ragama untuk Disiplin Ilmu Dokter dan Kesehatan, Lenny Herlina (2022:24), seorang yang memiliki karakter moderat, dengan automatis mulai berlaku adil.
Karena, istilah moderat sendiri sering disangkutkan sikap mengatasi sesuatu permasalahan. Adapun dalam KBBI, kata moderasi dapat disimpulkan sebagai pengurangan kekerasan atau penghindaran keekstriman.
Tetapi, pada umumnya, istilah moderat dapat dimengerti sebagai kegiatan membantu, arahkan, dan mengatasi komunikasi interaktif yang terjadi di antara sejumlah faksi berbentuk lisan atau tulisan.

Leave a Comment